Home / Kegiatan Sekolah / Pembelajaran Matematika 9 : Menghitung Tinggi Obyek dengan Konsep Kesebangunan

Pembelajaran Matematika 9 : Menghitung Tinggi Obyek dengan Konsep Kesebangunan

Kesebangunan adalah kesamaan perbandingan panjang sisi dan besar sudut antara dua buah bangun datar atau lebih. Pengertian kesebangunan seperti ini berlaku umum untuk setiap bangun datar. Dua bangun datar dikatakan sebangun jika memenuhi dua syarat berikut.

  • 1) Panjang sisi-sisi yang bersesuaian dari kedua bangun itu memiliki perbandingan senilai.
  • 2) Sudut-sudut yang bersesuaian dari kedua bangun itu sama besar.

Salah satu syarat kesebangunan adalah sudut-sudut yang bersesuaian sama besar. Maksud dari kata sama besar adalah ukuran sudutnya sebanding, Dua bangun yang kongruen pasti sebangun, tetapi dua bangun yang sebangun belum tentu kongruen.

Pada kegiatan ini para siswa ditugaskan untuk menghitung tinggi obyek yang berupa tiang bendera, gerbang sekolah, pohon dan obyek lainnya yang nantinya akan dicari tinggi dari obyek tersebut menggunakan konsep kesebangunan. Kegiatan ini masuk dalam kegiatan proyek perkelompok untuk kelas 9 SMP Bustanul Makmur yang dibimbing oleh Ust. Yulian MS, M.Pd.

BACA JUGA  Serunya Kampanye Calon Kandidat Ketua & Wakil Ketua Student Council 2017/2018

About De Faradis

Founder www.faradis.asia and www.animetekno.com

Check Also

Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu Raya OSIS SMP Bustanul Makmur Periode 2017/2018

Pendidikan demokrasi diberikan sejak dini, untuk memberikan pengetahuan pada siswa tentang tata cara pemungutan suara ...

Leave a Reply