Home / PROFILE / Selayang pandang

Selayang pandang

We lead you to an educational character

Kebutuhan akan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas tinggi adalah suatu keharusan. Dalam konteks kekinian, kualitas SDM akan menjadi modal dasar persaingan bangsa. Modal kekayaan alam dan besarnya jumlah penduduk tanpa disertai kualitas SDM yang handal bukan merupakan jaminan untuk membawa kebesaran suatu negara. Singapura, Jepang, dan Korea menjadi bukti sebagai negara yang besar, rakyat makmur, karena didukung kualitas SDM yang bagus padahal tidak memiliki kekayaan alam berlimpah. Dengan demikian, persoalan penyiapan SDM yang berkualitas tidak perlu dipertanyakan lagi, lebih-lebih di era liberalisasi perdagangan dan kehidupan global.

Salah satu upaya antisipasi kebutuhan kehidupan global dan jaminan masa depan bangsa ialah membangun pendidikan yang berorientasi pada mutu. Pendidikan yang memiliki standar mutu ialah pendidikan yang senantiasa meningkatkan kualitas manusia Indonesia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, berbudi pekerti luhur, berkpribadian unggul, mandiri, tangguh, cerdas, kreatif, trampil, berdisiplin, beretos kerja, profesional, bertanggung jawab, sehat jasmani dan rohani, memiliki rasa cinta tanah air, semangat kebangsaan, kesetiakawanan, serta berorientasi masa depan.

Berdiri sejak

Berdiri Sejak

SMP  Bustanul Makmur Genteng  berdiri sejak 2003, bertujuan mencetak manusia Indonesia yang unggul (berkualitas tinggi) seperti yang tercantum dalam tujuan Pendidikan Nasional tersebut di atas. Secara garis besar, SMP Unggulan Bustanul Makmur Genteng RSBI diarahkan untuk mencetak kader bangsa yang memiliki komitmen:

  • 1.  Keislaman
  • 2.  Kebangsaan
  • 3.  Kecendikiaan

Sekolah ini dibangun di atas tanah ± 2 ha dilengkapi dengan asrama siswa. Sistem pengelolaan SMP Bustanul Makmur Genteng mengacu pada standar mutu UNESCO, yaitu sekolah yang dapat menerapkan empat pilar pembelajaran sebagai gerbang pembebasan anak, yaitu

How learn to learn

Bagaimana anak belajar untuk belajar

How learn to do

Bagaimana anak belajar untuk berbuat

How learn to be

Bagaimana anak belajar untuk mengenal dan menjadi menurut dirinya sendiri

How learn to be

Bagaimana anak dapat belajar hidup berdampingan dalam kebersamaan dengan yang lain

SMP Bustanul Makmur Genteng sangat memperhatikan kebutuhan siswa tidak saja dalam aktivitas pembelajaran, namun juga diasah nalar kritisnya serta disediakan kegiatan rekreatif dalam bentuk olah raga dan seni. Pembinaan kemampuan berorganisasi siswa menepati porsi yang cukup besar. Beberapa lembaga kesiswaan sebagai wadah berlatih berorganisasi yang bersifat internal sekolah tumbuh dan berkembang subur. Lembaga tersebut terdiri atas Student Council (SC) atau lebih dikenal dengan OSIS, Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), Remaja Masjid Um Dua (Remas), Dewan Kerja Galang (DKG), Radio Utama FM, Palang Merah Remaja (PMR), dan kelompok belajar (English Club, Math Science Club).