Uji Praktik Informatika IX

UJI PRAKTIK INFORMATIKA KELAS IX 2024/2025

Mengenalkan Lingkungan Home Stay Melalui Blog Siswa

Blog siswa dapat menjadi media yang efektif dalam mengenalkan lingkungan Home Stay dengan menyajikan pengalaman langsung mereka selama kegiatan berlangsung. Melalui tulisan yang menarik dan informatif, siswa dapat menggambarkan kondisi dusun yang mereka kunjungi, mulai dari keindahan alam, kehidupan sosial, hingga budaya masyarakat setempat. 

Dengan menambahkan foto, video, dan wawancara dengan warga, blog tidak hanya menjadi dokumentasi kegiatan tetapi juga menjadi sarana edukasi bagi pembaca yang ingin mengenal lebih jauh potensi desa tersebut. 

Selain itu, blog ini dapat menginspirasi generasi berikutnya untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan berkontribusi dalam pengembangan masyarakat. Melalui kreativitas dan teknologi, blog siswa mampu memberikan dampak positif dengan memperkenalkan lingkungan Home Stay kepada audiens yang lebih luas.

Tata Cara Mengerjakan Uji Praktik

  • Buka WordPress.com.
  • Klik “Log In” atau “Masuk” di pojok kanan atas.
  • Pilih akun Google yang digunakan saat mendaftar.
  • Klik “Log In” atau “Masuk” untuk mengakses dashboard WordPress.
  • Setelah masuk di Dashboard blog, klik “Posts” → “Add New” (Pos → Tambah Baru).

 

Struktur Artikel Blog: Mengenalkan Lingkungan Home Stay 2025

1.  Judul yang Menarik
Contoh:

  • Menjelajahi Keindahan dan Kehangatan Dusun XYZ dalam Home Stay 2025 SMP Bustanul Makmur
  • Pengalaman Tak Terlupakan: Hidup di Dusun XYZ Selama Home Stay 2025 SMP Bustanul Makmur
  • Dusun XYZ: Keunikan Budaya dan Keindahan Alam yang Wajib Diketahui

 

2. Pendahuluan

  • Home Stay 2025 SMP Bustanul Makmur (tujuan dan latar belakang).
  • Nama dusun yang diperkenalkan dan lokasi geografisny

 

3. Deskripsi Lingkungan Dusun

  • Keindahan Alam: Pegunungan, sungai, sawah, hutan, atau lanskap lainnya.
  • Kondisi Sosial & Budaya: Tradisi, adat istiadat, mata pencaharian penduduk.
  • Fasilitas dan Infrastruktur: Jalan, sekolah, pasar, rumah ibadah, dll.
  • Potensi Wisata : Wisata alam yang ada di sekitar lingkungan Home Stay

 

4. Pengalaman Siswa Selama Home Stay 2025 SMP Bustanul Makmur

  • Kegiatan yang dilakukan (mengajar, bakti sosial, pemberdayaan masyarakat).
  • Interaksi dengan warga dan pengalaman menarik.
  • Tantangan dan pelajaran yang didapat selama kegiatan.

 

5. Kesimpulan dan Refleksi

  • Manfaat dari Home Stay 2025 SMP Bustanul Makmur bagi siswa dan masyarakat setempat.
  • Harapan untuk keberlanjutan program di dusun tersebut.

Aspek Penilaian Artikel Peserta Didik dalam Mengenalkan Lingkungan Home Stay 2025 SMP Bustanul Makmur

1. Isi dan Kedalaman Informasi

  • Kelengkapan informasi tentang dusun (sejarah, budaya, potensi ekonomi, pendidikan, lingkungan, dll.).
  • Keakuratan data dan fakta yang disajikan.
  • Penyampaian informasi yang sesuai dengan konteks Home Stay 2025 SMP Bustanul Makmur (misalnya, peran siswa dalam kegiatan, dampak kegiatan, atau hasil yang dicapai).

 

2. Struktur dan Organisasi Artikel

  • Adanya bagian pendahuluan, isi, dan kesimpulan yang jelas.
  • Pengorganisasian paragraf yang logis dan runtut.
  • Transisi antar paragraf yang baik sehingga artikel enak dibaca.

 

3. Penggunaan Bahasa

  • Penggunaan bahasa yang sesuai dengan kaidah ejaan dan tata bahasa yang benar.
  • Kejelasan dalam penyampaian ide agar mudah dipahami pembaca.
  • Penggunaan istilah yang sesuai dengan topik Home Stay 2025 SMP Bustanul Makmur dan tidak berbelit-belit.

 

4. Kreativitas dan Gaya Penyampaian

  • Gaya penulisan yang menarik, tidak monoton, dan mampu membangun ketertarikan pembaca terhadap dusun yang diperkenalkan.
  • Penggunaan sudut pandang yang unik (misalnya pengalaman pribadi selama Home Stay 2025 SMP Bustanul Makmur, wawancara dengan warga setempat, cerita inspiratif).
  • Cara menggambarkan suasana dusun dengan deskripsi yang hidup dan detail.

 

5. Penggunaan Media Pendukung

  • Penyertaan foto, infografis, atau video yang mendukung isi artikel.
  • Kualitas dan relevansi media yang digunakan.
  • Penggunaan caption yang informatif untuk setiap media yang disertakan.

 

6. Orisinalitas dan Keunikan

  • Artikel merupakan hasil tulisan sendiri, tidak menyalin dari sumber lain tanpa pengolahan ulang.
  • Memiliki perspektif unik tentang dusun yang dikenalkan.
  • Menampilkan cerita atau pengalaman langsung selama Home Stay 2025 SMP Bustanul Makmur yang membedakannya dari artikel lain.

 

7. Aspek Teknis Blog atau Media Publikasi

  • Tata letak artikel rapi dan nyaman dibaca jika dipublikasikan di blog atau media digital.
  • Pemilihan font, warna, dan format paragraf yang mendukung keterbacaan.
            • br
Rubrik Penilaian Uji Praktik Informatika 2024/2025 SMP Bustanul Makmur mata pelajaran Informatika kelas IX

Mengenalkan Lingkungan Home Stay 2025 melalui Blog Siswa

Aspek PenilaianSkor 4 (Sangat Baik)Skor 3 (Baik)Skor 2 (Cukup)Skor 1 (Perlu Perbaikan)
Isi & Kedalaman InformasiArtikel sangat informatif, mencakup sejarah, budaya, potensi wisata, ekonomi, dan kehidupan sosial desa dengan data yang akurat.Artikel cukup informatif, mencakup beberapa aspek penting tentang desa, tetapi ada bagian yang kurang mendalam.Artikel hanya membahas aspek tertentu dari desa tanpa kejelasan atau detail yang cukup.Artikel kurang informatif, banyak informasi yang kurang jelas atau tidak relevan.
Struktur & KeteraturanArtikel memiliki struktur yang jelas (pendahuluan, isi, dan penutup). Ide tersusun secara logis dan mengalir dengan baik.Struktur artikel cukup jelas, tetapi ada beberapa bagian yang kurang tersusun dengan baik.Struktur artikel kurang jelas, ada bagian yang lompat-lompat atau sulit dipahami.Artikel tidak memiliki struktur yang jelas, urutan informasi membingungkan.
Penggunaan BahasaBahasa baku atau sesuai konteks, ejaan dan tata bahasa sangat baik, serta mudah dipahami.Bahasa cukup baik, beberapa kesalahan kecil dalam ejaan atau tata bahasa.Terdapat beberapa kesalahan ejaan dan tata bahasa yang mengganggu pemahaman.Banyak kesalahan dalam ejaan dan tata bahasa, sulit dipahami.
Kreativitas & Gaya PenyampaianArtikel menarik dan kreatif, menggunakan gaya bahasa yang enak dibaca dan memotivasi pembaca untuk mengenal desa lebih lanjut.Artikel cukup menarik, meskipun masih bisa dikembangkan dalam penyampaian.Artikel kurang menarik dan kurang mampu membangkitkan minat pembaca.Artikel membosankan, penyampaian monoton, dan tidak menarik perhatian pembaca.
Penggunaan Media Pendukung (Gambar/Video/Infografis)Media pendukung sangat relevan, berkualitas tinggi, dan memperjelas isi artikel.Media pendukung cukup relevan, tetapi ada yang kurang mendukung isi artikel.Media pendukung ada tetapi kurang berkualitas atau kurang relevan.Tidak ada media pendukung atau media yang digunakan tidak relevan.
Aspek Teknis Blog (Tata Letak)Tata letak artikel rapi, mudah dibaca.Tata letak cukup rapi, tetapi ada bagian yang perlu diperbaiki.Tata letak kurang rapi, navigasi kurang jelas, atau sulit diakses.Tata letak berantakan, sulit dibaca, dan navigasi tidak jelas.
Orisinalitas & KeunikanArtikel orisinal, tidak ada plagiarisme, dan menampilkan sudut pandang unik tentang desa.Artikel cukup orisinal tetapi kurang menampilkan keunikan tersendiri.Artikel kurang orisinal, beberapa bagian mirip dengan sumber lain tanpa modifikasi.Artikel menyalin sebagian besar isi dari sumber lain tanpa pengolahan ulang.

 

BOBOT PENILAIAN

Pengumpulan Uji Praktik

Silakan mengumpulkan tugas uji praktik siswa kelas IX mata pelajaran informatika pada tombol di bawah ini